Cath Ulina
Rabu, 27 September 2017 | 03:15

Mengakrabkan Diri dengan Jurnalistik Bersama Netralnews.Com

Video Conference - UKI -doc: Cath

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Telah diadakan Workshop Jurnalistik yang bertemakan, “Aktif Menulis Kreatif” oleh UKI yang bekerja sama dengan salah satu berita online trilingulal, Netralnews.com. Kegiatan ini sendiri dilaksanakan mulai dari pagi hari, pukul 09.00 WIB.

Antusias peserta terpancar dari ketetapan janji untuk tetap hadir meskipun sebelumnya hujan deras secara merata. Peserta Workshop ini adalah mahasiswa/i yang terpilih dari beberapa Fakultas, salah satunya Fakultas Sastra. Bertujuan untuk meliput berita Kegiatan Kemahasiswaan yang dilakukan oleh Fakultas, peserta kiranya dapat membantu Fakultas dalam penyebaran liputan kegiatan yang terjadi dalam bentuk foto dan berita yang ditampilkan.

Hari pertama yang dibuka oleh Kepala Bagian Humas & Pemasaran UKI, Junita Naiborhu, SE. Dijalankan oleh Head of Community Development Netralnews.com, Marcel Rombe Baan dari rangkaian pelatihan. Berlangsung selama delapan jam dan terdiri dari empat sesi pelatihan, di antaranya adalah Sesi Pertama Teori Dasar Jurnalistik, Straight News, Hard News, and Soft News.

Sesi kedua mulai masuk kepada Teknik Peliputan, Teknik Wawancara, Cara Menulis yang Tepat, dan Penulisan Berita dengan Piramida Terbalik. Pada sesi kedua ini, para peserta mulai menulis berita dengan kejadian Workshop Jurnalistik itu sendiri. Tentunya, para peserta tidak hanya asal menulis berita tapi juga berlandaskan kepada materi/teori yang telah dijabarkan sebelumnya.

Peserta yang masih tetap bertahan ini mengatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk melatih skill menulis mereka, dan berharap kelak bisa menjadi wartawan.


Komentar