Patricia Marlin Rombe
Minggu, 24 September 2017 | 03:00

Terasa Terbang, Asyiknya Naik Transjakarta dari Ciledug ke UKI Cawang

Pemandangan dari atas bus Transjakarta Koridor 13 Ciledug-UKI Cawang

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anda sudah pernah naik Transjakarta Koridor 13 dari Ciledug-UKI Cawang. Kalau belum, ayo silakan menjajal koridor tersebut, dijamin pasti asyik. Pada Sabtu (23/9/2017), saya berkesempatan menjajal jalur Transjakarta Ciledug, Tangerang-UKI Cawang, Jakarta tersebut. Wow, sungguh mengasyikkan.
Awalnya saya naik mobil dari Jakarta Utara melalui tol Yos Sudarso lalu lewat Tol Simatupang hingga sampai di Ciledug melewati Universitas Budi Luhur. Lalu ketika pulang, saya naik Transjakarta jurusan Ciledug-UKI Cawang.

Begitu Transjakarta yang saya tumpangi meluncur, keasyikan mulai terasa. Selain, penumpangnya belum terlalu banyak sehingga dengan mudah dapat kursi, arus kendaraannya juga sangat lancar sehingga memungkinkan Transjakarta melaju dengan cepat dari halte ke halte.

Terasa Terbang

Bukan hanya lancar, yang paling mengasyikkan adalah pemandangan dari atas jalan Transjakarta ke bawah. Serasa kita naik kereta terbang.

Kenapa, karena jalannya lewat jalan layang jauh di atas rumah-rumah warga dan perkantoran yang menjulang tinggi. Pemandangannya sungguh memesona, karena bisa menyaksikan keramaian kota dan kepadatan bangunan Kota Jakarta, dan tak ada kata macet, ya mungkin karena masih tahap uji coba.

Menurut keterangan petugas Transjakarta, anggota tersebut, baru diuji coba sejak dua bulan lalu, sehingga belum semua halte disinggahi mengambil penumpang. Dari 13 halte yang ada di koridor ini baru beberapa yang dioperasikan yaitu halte Puri Beta II, halte Adam Malik, halte Cipulir, halte Mayestik, halte Tirtayasa, dan Halte Tendean.

Koridor 13 yang melayani Ciledug-UKI Cawang pun sementara baru sampai di halte Pancoran Barat lalu memutar balik di bawah Pancoran Tugu. Ada juga yang sampai memutar di UKI Cawang, tetapi belum mampir hanya lewat lalu balik arah Pancoran dan Tendean terus ke Ciledug lagi.

Nantinya, di jalur layang itu akan beroperasi tiga rute Transjakarta yakni Ciledug-Blok M, Ciledug-Pancoran Barat, dan Ciledug-Bundaran HI. Namun untuk rute Ciledug-Bundaran HI baru beroperasi pada pukul 05.00-07.00 WIB saja.

Koridor dengan panjang 9,4 kilometer itu sebagian besar berada di jalan layang khusus, dua bulan lalu diuji coba sejak 13 Agustus 2017 oleh oleh Gubernur DKI Jakarta Saiful Djarot ini, menurut informasi nantinya akan dilayani 100 bus Transjakarta. Penasaran dengan jalur Transjakarta koridor 13 Ciledug-UKI Cawang ini, ayo silakan dijajal sendiri.


Komentar